Satu Kalimat Untuk Perubahan

Wednesday, September 10, 2014

Install Kubuntu, Merasakan Ubuntu Dalam Balutan KDE

Halo sobat semua? Apa kabar nih? Kali ini kebetulan Saya habis install Kubuntu dilaptop mungil Saya. Lumayan juga ternyata tampilannya menyesuaikan ukuran layar laptop Saya yang kecil. Dan untuk dokumentasi Saya menyimpan screenshot dari proses instalasi tersebut. Berikut adalah cuplikan gambar dari proses instalasi yang Saya beri sedikit penjelasan.
  • Jalankan Kubuntu 14.04.1, Sobat bisa menggunakan Live USB untuk booting Kubuntunya, bisa memakai rufus diwindows atau command dd dilinux. Setelah masuk, sobat akan ditawari untuk langsung menginstall atau mencoba Kubuntu terlebih dahulu. Disini saya memilih untuk mencoba Kubuntu terlebih dahulu untuk melihat-lihat isi Kubuntu itu. Untuk memulai bisa mengklik ikon install didesktop Kubuntu.
  • Pilih bahasa, ini akan digunakan sebagai bahasa default
  • Hubungkan ke Internet, jika ada koneksi internet
  • Pemberitahuan syarat instalasi Kubuntu
  • Jenis instalasi, secara otomatis atau memilih/membuat partisi secara manual
  • Informasi partisi, bisa membuat atau memilih partisi yang ada
  • Time Zone, Menentukan lokasi Kita saat ini
  • Memilih Keyboard layout
  • Membuat user Kita, ini akan digunakan saat log in
  • Proses instalasi sedang berjalan










  • Instalasi selesai, restart untuk memulai menggunakan Kubuntu

Selamat! Kita telah menginstall Kubuntu. Sekarang tinggal dimodifikasi agar tidak jenuh dengan tampilannya. Saat ini saya masih menggunakan desktop standar.
Sebagai informasi, hardware yang Saya gunakan adalah Samsung N 148 Plus. Dengan Prosesor Intel Atom 1,66Ghz dan RAM 2Gb. Cukup ringan dengan hardware yang sedang seperti punya Saya.

Mungkin cukup sampai disini dulu,
Bila ingin mengunduh Kubuntu terbaru, silahkan menuju kewebsite Kubuntu.

Kubuntu Website

Sampai jumpa ... byee
Share:

4 comments:

  1. Ubuntu 14.04.1 berarti KDE-nya 4.13.x. Akang semestinya sebutkan versi KDE di awal tulisan.

    Namun tulisan ini adalah tulisan pertama yang saya tahu sendiri ditulis orang yang awalnya berat menggunakan KDE. Orangnya mendokumentasikan skrinsot per langkah. Dan orangnya masih pemula. Tulisan akang lebih bagus daripada dokumentasi KDE 5 saya. Bagusnya karena di setiap gambar dicantumkan keterangan berupa poin. Bagus, Kang. Bagus sekali. Tolong yang seperti ini dibuatkan "cagar alam" supaya tidak punah.

    Dan penting ditulis, kesan-kesan akang ketika pertama memakainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kang atas masukannya, Kenapa tidak Saya cantumkan versi KDE? Karena jujur, saat menulis Saya tidak tahu versinya.
      Orang lebih paham jika melihat gamar/demo dan disertai penjelasan.
      Untuk kesan mungkin akan dibuat terpisah nanti. Thanks kang :)

      Delete
    2. Guampang. Buka salah satu aplikasi KDE, Help, About KDE. Di situ jelas nomor versinya.

      Delete
    3. Baik, terimakasih mas.

      Delete

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai dengan artikel. Komentar yang dianggap spam akan dihapus. Terimakasih telah bersedia membaca artikel disini.

Sample Text

Copyright © ManiakError | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com