Satu Kalimat Untuk Perubahan

Tuesday, May 26, 2015

Cara Mengganti Username di Ubuntu

Username adalah nama yang Kita gunakan saat log in kedalam Linux, sedangkan Hostname adalah nama dari komputer Kita. Saat Kita menjalankan terminal maka akan terlihat usernam dan hostname Kita seperti berikut :

ar@axlabs:~$

dimana ar adalah username dan axlabs adalah hostname.
Tutorial ini saya buat sebagai pengingat bagi Saya, karena kemarin saat Saya menginstall Lubuntu Saya tertukar dalam memeberi nama usernam dan hostname.
Setelah saya mencari diinternet saya menemukan cara sebagai berikut.
Pertama, log in sebagai root. Setelah log in, buka terminal dan ketikan perintah berikut

usermod -l namabaru namalama

dimana namabaru adalah username baru yang ingin Kita gunakan sedangkan namalama adalah username lama Kita, Misal

usermod -l kopilinux ardi

Dengan perintah tersebut maka username Kita sudah berubah menjadi kopilinux, namun home folder Kita (/home/username/) belum berubah. Jika ingin merubah nama home folder Kita, ketikan berintah berikut diterminal

usermod -m -d /home/namabaru namabaru

dimana namabaru adalah username baru kita yang sebelumnya dibuat. Misal

usermod -m -d /home/kopilinux kopilinux

Dengan begitu maka home folder Kita akan sesuai dengan username baru Kita yaitu /home/kopilinux.
Kita juga bisa menggabungkan perintah pertama dan kedua menjadi:

usermod -m -d /home/namabaru -l namabaru namalama

misal:


usermod -m -d /home/kopilinux -l kopilinux ardi


Sekian tutorial hari ini, terimakasih dan sampai jumpa :v

Share:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan baik dan sesuai dengan artikel. Komentar yang dianggap spam akan dihapus. Terimakasih telah bersedia membaca artikel disini.

Sample Text

Copyright © ManiakError | Powered by Blogger Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com